Minggu, 07 Juli 2013

Deksripsi Karya Seni grafis stencil Berjudul : 100 % pekerja Indonesia



Judul : 100 % pekerja Indonesia
Nama : Haviz Maha
Ukuran : 100x80 cm
Tahun : 2013
Media : Stencil on canvas
AT Wisma Nusantara
Festival Indonesian Youth Conference





LATAR BELAKANG PENCIPTAAN KARYA

Dalam penciptaan karya seni ini saya banyak membaca dan melihat tentang pekerja-pekerja  di Indonesia pada penggambaran figur seorang pekerja berat, bahwa pekerjaan di Indonesia sangat minim , pengangguran masih tinggi, didalam Negara yang banyak penduduk ini. pada pengamatan itu saya merasa bahwa untuk memperlihatkan aksi sebuah pekerja Indonesia. Stencil ini Saya terapkan di atas kanvas sebagai sebuah estetika dan pewarnaan merupakan penambahan estetika dan juga konsep yang di sesuaikan dengan tema.

Adapun terhadap pengamatan dan melihat obyek tersebut maka munculah stimulus/rangsangan pada diri saya, lalu saya secara pribadi menangkap suatu makna terhadap obyek itu sendiri. Maka lahirlah imajinasi saya untuk membuat sebuah karya Seni grafis yang obyeknya adalah seorang pekerja berat sambil memanggul batu


 




Konsep Karya



Woodruf mendefinisikan konsep sebagai adalah suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda). Pada tingkat konkrit, konsep merupakan suatu gambaran mental dari beberapa objek atau kejadian yang sesungguhnya. Pada tingkat abstrak dan komplek, konsep merupakan sintesis sejumlah kesimpulan yang telah ditarik dari pengalaman dengan objek atau kejadian tertentu.











Tema

Tema dalam seni rupa menurut The Lexicon Webster Dictionary (1978:1019) berarti suatu hal yang yang menjadikan isi dari suatu ciptaan, hal ini biasanya dikutip dari dunia kenyataan, tetapi dilukiskan dengan memakai alat-alat kesenian semata-mata.

            Dalan konsepnya tema di sesuaikan dengan tema Indonesia Beraksi. Yang telah di jelaskan bahwa tema merupakan isi dari suatu ciptaan. Pada obyek ini merupakan sebuah aksi seorang pekerja yang sedang memanggul batu. melihat pada visual yang saya tampilkan bahwa  Ide dasar penciptaan karya ini adalah merupakan aksi dari seorang pekerja Indonesia 100% karena melihat bahwa banyak dari pekerja Indonesia berpendidikan minim yang terlihat dalam gambar bahwa beratnya memanggul pekerjaan di Indonesia dengan para pendidikan rendah.

konsep dipengaruhi oleh pengalaman membaca pencipta sendiri pada Koran-koran harian Yang ada Di Indonesia dan antusias pengalaman teman-teman serta diharapkan dapat mempengaruhi dan menyentuh perasaan orang yang menikmati atau melihatnya.



Gaya

penciptaan karya stencil identik dengan gaya vandal, yang banyak mengkritik dan tempatnya tidak tertentu. Dalam penciptaannya merupakan kegiatan yang bersifat social yang dimana karya ini merupakan cerminan dari masyarakat untuk masyarakat. Terkait itu juga gaya vandalisme ini merupakan Ide dasar untuk mengajukan visual kepada pemuda dan masyarakat terhadap keadaan sosial yang terjadi pada zaman ini. Yang dimana saya memvisualkan seorang pekerja berat. Harapannya untuk penikmat visual stencil ini untuk memberikan antusias terhadap pekerja-pekerja di Indonesia.

Material

Dalam mengekspresikan ide, dituntut kepiawaian dalam memilih material yang cocok, agar ide yang akan diekspresikan sesuai dengan yang direncanakan, seperti pendapat Fajar Sidik (1978:10)

Menurut W.J.S. Poerwadarminta (1950:58) material berarti bahan, bakal, barang yang akan dijadikan atau untuk membuat barang yang lain. Dalam Ide bahwa untuk menunjukannya di butuhkan material setepat-tepatnya. Saya memakai kanvas ukuran 100x80 CM karena kanvas sangat indah untuk menyampaikan suatu maksud visual dibandingkan dengan papan,kertas dan tembok. Adapun kanvas bisa dilakukan saat menjelaskan secara detail karena saya mebuat sangat kompleks, dan kompatibilitas yang baik seperti karya-karya saya sebelumnya.


Teknik

Dalam Encyclopedy of World Art (1967:965) dijelaskan bahwa teknik merupakan suatu pedoman untuk mengerjakan dengan atau tanpa bantuan alat-alat yang dilakukan seniman dalam mengolah berbagai macam material menjadi suatu bentuk karya seni. Maka teknik saya adalah Stencil dengan menggunakan cat aerosol yang di semprotkan pada mal yang telah di cutting.

Warna

Adapun warna yang saya gunakan terdiri warna monokrom hitam, warna, merah dan kuning Warna. Dalam pewarnaan monocrom hitam merupakan ciri khas saya dalam pengambilan warna monokrom hitam dan penambahan warna primer kuning dan merah. Adapun warna kuning merupakan arti sebuah ladang keuntungan bagi pekerja itu yang terlihat dibawanya berat untuk mencapai keuntungan itu bagi aksi pekerja Indonesia yang merupakan kebanyakan dari pekerja Indonesia harus bekerja keras untuk mendapatkan uang. Adapun warna merah merupakan Identitas sebagai Indonesia yang menunjukan bahwa inilah aksi pekerja Indonesia sehari-hari.

 Proses Penciptaan Karya

Bermula dari saya mencari sebuah ide untuk menyesuaikan dengan tema pada Pameran IYC maka terciptalah ide yang menunjuk kepada aksi pekerja di Indonesia kebanyakan yang terlihat dalam statistik bahwa pekerja di Indonesia berpendidikan rendah. Maka saya mencari sebuah obyek yang telah di foto. Maka saya desain dengan menggunakan photoshop lalu hasilnya ditembak dengan proyektor pada mal lalu di sketsa dengan pensil agar mendapatkan ketepatan gambar pada mal-mal. Setelah itu saya cutting mal yang sudah di sketsa menggunakan cutting pen mengikuti garis-garis hasil goresan pensil.

Adapun proses selanjutnya adalah pewarnaan dengan menggunakan cat aerosol yang di semprotkan ke kanvas yang di saring menggunakan mal sehinnga obyek menjadi detail. Pada pewarnaanya juga dengan penambahan warna kuning dan merah menjadi harmoni dan warna monokromatik hitam menjadi terlihat detail.








DAFTAR PUSTAKA



Fajar Sidik, (1978), Diktat Kritik Seni, STSRI-ASRI, Yogyakarta

Poerwodarminto, W.J.S, (1950), Ensiklopedia Indonesia

……………(1978) The Lexicon Webster Dictionary, The English Language

Institute of America

……………(1967) Encyclopedy of World Art Vol. XIII, New York; Mc

Graw Hill Book Company


web yang bisa di kunjungi
 http://indonesianyouthconference.org/blog/5190-hasil-kurasi-festival-iyc-2013/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar